on Selasa, 25 Juni 2013

1.       Apa yang dimaksud dengan Ambient, Diffuse,dan Specular?
Ambient
Ambient adalah efek pencahayaan yang telah membaur dengan lingkungan sehingga arah cahaya tidak dapat diketahui, seakan-akan cahaya datang dari segala arah. Efek ini akan mempengaruhi terang atau tidaknya suatu lingkungan yang terlihat oleh mata. Semakin banyak lampu maka ruangan semakin terang, sebaliknya jika lampu sedikit maka ruangan remang-remang.
Intensitas ambient pada suatu obyek dapat dicari dengan persamaan :
I = Ia * Ka
Keterangan :
I = Intensitas yang dihasilkan
Ia  = Intensitas ambient
Ka = Koefisien ambient
Diffuse
Diffuse adalah pencahayaan yang tergantung dari besarnya sudut yang dibentuk antara sinar dari lampu ke titik tabrak pada obyek dengan normal obyek. Sehingga posisi lampu sangat mempengaruhi efek diffuse ini. Intensitas diffuse dapat dicari dengan hukum. Lambertian sebagai berikut:
I = Ip * Kd (cos? )
Dari persamaan intensitas diffuse tersebut cos ? dapat dihitung dengan melakukan dot product antara sinar dari lampu ke titik tabrak obyek dengan normal obyek itu, masing-masing merupakan unit vektor. Sehingga didapat persamaan baru :
I = Ip * Kd * ( L • N )
Keterangan:
I = Intensitas yang dihasilkan
Ip = Intensitas diffuse dari sumber cahaya ‘x’
Kd = Koofisien diffuse
N = Vektor normal dari obyek
L  = Vektor dari titik tabrak ke sumber cahaya
?  = Sudut antara N dan L
Specular
Specular adalah efek pencahayaan dimana bayangan sumber cahaya terlihat pada permukaan obyek. Efek specular terlihat pada obyek yang mengkilap. Semakin mengkilap permukaan suatu obyek maka makin jelas bayangan sumber cahaya yang terlihat pada permukaan obyek tersebut. Untuk mencari intensitas specular dapat digunakan persamaan sebagai berikut :
I = Ip * Ks (cos ? ) n
Dari persamaan intensitas specular tersebut cos ? menggunakan dot product antara arah pantulan dengan negasi dari arah sinar.
I = Ip * Ks * ( R • V ) n

Keterangan:
I= Intensitas yang dihasilkan
Is = Intensitas specular dari sumber cahaya ‘x’
Ks = Koofisien specular
n = Variabel yang menentukan luas area yang berkilau jika terkena cahaya yang dipancarkan oleh sumber cahaya (bila n semakin besar maka cahaya semakin terfokus atau area yang berkilau menjadi lebih kecil)
R = Arah pantulan, berupa unit vektor
V = Negasi dari arah sinar
Sedangkan vektor R diperoleh dari - S + 2 * ( S • N ) * N
Keterangan:
S = Vektor dari titik tabrak ke sumber cahaya
N = Vektor normal dari obyek
2.      Advanced Transparency terdiri atas Falloff.  Apa yang dimaksud dengan Falloff in dan Falloff out? Jelaskan!
Falloff  berfungsi untuk mengatur cakupan area yang dipengaruhi oleh soft selection dari titik pusatnya (Sub-Object terpilih).
Falloff terdiri dari 2 jenis yaitu :
1.    Falloff in : Merupakan ukuran lebih kecil dari hatspot sehingga cahaya yang masuk lebih sedikit.  Mengatur cakupan area yang dipengaruhi oleh soft selection,dari titk pusatnya (sub-object terpilih) yaitu bagian tengah (In) objek.
2.    Falloff out : Merupakan ukuran lebih kecil dari hatspot sehingga cahaya yang masuk lebih sedikit.Mengatur cakupan area yang dipengaruhi oleh soft selection,dari titk pusatnya (sub-object terpilih) yaitu bagian pnggir (out) objek.



1.Apa yang dimaksud dengan shading?
·        Shading adalah bidang yang terbentuk akibat hilangnya sebuah sinar oleh objek yang tidak bisa ditembus oleh sinar tersebut.
·        Shading adalah proses penentuan warna dari semua pixel yang menutupi permukaan menggunakan model illuminasi.
·        Mengevaluasi intensitas cahaya dan warna menggunakan model illuminasi. 
2.Apa yang dimaksud dengan shader?
Shaderadalahsebuah program yang digunakan dalam 3D software tertentu (Softimage) dalam proses special rendering. Shader diperlukan untuk memenuh kebutuhan special effect tertentu atau menentukan karakteristik material pada permukaan objek.
3.Sebutkandanjelaskan jenis2 shader
1.  Vertex Shader
Berkaitan dengan vertex(titik) dari suatu objek 3D. Pembuatan,perubahan bentuk objek ditanganidisini.
2. Geometry Shader
Hanyaada di DirectX 10.Geometry Shader menjembatani Vertex Shader dengan Pixel Shader.
3. Pixel Shader
Bertanggung jawab pada masalah lighting, Semua visual efekada disini.Warna akhir dari suatu pixel ditentukan disini.
4. Jelaskan mengenai BRDF
Fungsi distribusi reflektansi bidireksional (en:Bidirectional reflectance distribution function atau BRDF) diperkenalkanoleh Edward Nicodemus sekitar tahun 1965. Definisi modern BRDF adalah:
f_r(\omega_i, \omega_o)=\frac{dL_r(\omega_o)}{dE_i(\omega_i)}=\frac{dL_r(\omega_o)}{L_i(\omega_i)\cos\theta_i\,d\omega_i}
dimana L adalah radian, E adalah iradian, dan \theta_i adalah sudut antara \omega_i dan normal permukaan, n.
Lambert pada partikel bermuatan. Efek ini sangat penting dalam teknologi peralatan elektronika yang mengandung lapisan tipis seperti field effect transistor dan quantum cascade laser.
Padatahun 1991, Paul Heckbert menggabungkan fungsidistribusireflektansibidireksional dengan:
fungsi distribusi transmitansi bidireksional (en:bidirectional transmittance distribution function), dan
fungsi distribusi permukaan hamburan bidireksional (en:bidirectional scattering surface distribution function) atau (en:subsurface scattering)
menjadi fungsi distribusi hamburan bidirektional (en:bidirectional scattering distribution function), karena hamburan(en:scattering) cahaya terjadi tidak hanya pada refleksi tetapi juga pada refraksi antarmuka medium apapun.
Padaumumnya hamburan (en:scattering) cahaya meliputistudi hamburanelastis dan hamburan non elastis dari sifat dualisme cahaya sebagai partikel dan gelombang. Beberapa jenis hamburan yang sering dijumpai antara lain hamburan Rutherfordhamburan Bragg atau difraksihamburan Rayleighhamburan ComptonhamburanBrillouinhamburan Lorentz-Miehamburan Raman.
1.            Texture Maps adalah Teknik yang digunakan untuk menambahkan detail pada permukaan halus sehingga menghasilkan pemetaan yang timbul dan dapat terlihat bergelombang pada permukaannya dengan mengubah kecerahan pixel.

Mapping Coordinate adalah suatu cara untuk memetakan sebuah gambar berdasarkan letak suatu titik bidang.

2.            Membuat rancangan game sederhana
Kami akan membuat permainan edukasi yang ditunjukkan untuk anak-anak dengan umur 5-7. Permainan ini sangat sederhana tapi memiliki nilai edukasi yang tinggi. Permainan ini seperti sebuah kuis dengan hasil skor apabila menjawab dengan benar. Permainan ini memliki tingkatan, ada 3 tingkatan dan setiap tingkatan terdiri dari 15 soal. Dimana tiap tingkatan mempunyai soal berbeda, materi yang digunakan antara lain adalah pertambahan dan pengurangan.



3.            Skenario game
Game ini dimulai dari tingkat awal atau pertama. Tingkat ini berisi 15 soal pertambahan setiap soal yang dijawab dengan benar maka mendapatkan poin 10. User diberikan kesempatan satu kali jika menjawab dengan salah. Tingkat kedua berisi 15 soal pengurangan, poin masih seperti tingkat pertama. Pada tingkat ketiga berisi 15 soal campuran (pertambahan dan pengurangan) dengan soal-soal yang berbentu gambar buah-buahan.


referensi :

tabel kinerja :
Nama
NPM
Kinerja
Bagus Putra T
51410305
Mencari texture mapping, mapping coordinate, scenario game, rancangan game
Faizal Reza N
52410538
Mencari tentang shading, shader, brdf
Olivia Yulianda
55410279
Mencari ambient, difuse, specular, advance transparency atas falloff


on Kamis, 04 April 2013
akhirnya ada tugas softskill lagi, sebelumnya mau ucapin dulu selamat bulan april yang penuh tipu daya hahahaha
kali ini gue mau merangkai kata di blog berdasarkan isi kepala gue sih... tapi ini april mop 
seperti biasa kalo nulis di blog ya buat tugas, selain itu? pikirin aja sendiri :D

tugas softskill yang ini temanya tentang Game. nyok lah langsung aja gue jelasin game itu apa, hasil copas dari web orang sih tapi gue masih inget cantumin referensi :P

Game dalam bahasa Indonesia adalah permainan. Permainan adalah sebuah sistem dimana pemain terlibat dalam konflik buatan, dimana pemain berinteraksi dengan sistem dan konflik pada permainan merupakan rekaya. Dalam sebuah permainan terdapat perarturan yang berfungsi membatasi perilaku pemain dan menentukan permainan.

dalam hal paling tidak terdapat 5 kategori istilah game, yaitu :

1. Board Game adalah sebuah game yang di dalam permainannya memiliki papan permainan yang terbagi menjadi sektor-sektor serta memiliki sejumlah alat main yang dapat digerakkan.

2. Card Game adalah sebuah game yang alat main utamanya adalah kartu.

3. Atheltic Game adalah game yang lebih cenderung pada penggunaan fisik daripada mental. Aturan game dibuat dengan keharusan pemain untuk melakukan sejumlah aksi tertentu. Hal yang terkait dengan kekuatan badan, kecepatan, ketepatan dan kerjasama menjadi bagian utama dari game atletik.

4. Children Games adalah game yang melakukan aktifitas seperti berlari, sembunyi, melempar dan menangkap adalah menjadi ciri utama game anak-anak. Umumnya game ini menekankan pada aktifitas kelompok sebagai latihan untuk berkehidupan sosial.


5. Computer Games adalah game yang dimainkan lewat bantuan alat komputer. Terdapat 5 alat yang dapat dikategorikan sebagai komputer, yaitu :
  • Expensive dedicated machine, mesin yang dioperasikan dengan koin untuk memainkankannya.
  • Inexpensive dedicated machine, disebut juga dengan hand held machine. Alat game watch termasuk dalam katagori ini.
  • Multiprogram home, mesin seperti Atari,Nintendo termasuk dalam kelompok komputer ini.
  • Personal computer
  • Mainframe computer
sekarang udah sedikit taulah pengertian game seperti apa ya, sekarang timbul pertanyaan "ada ga sih tools untuk membuat game" itu pertanyaan mudah untuk dijawab semudah membuka laptop :D
jelas jawabannya ada.

nyok kita simak game engine itu apa!

GAME ENGINE


Game engine adalah sebuah sistem perangkat lunak (software) yang dirancang untuk pembuatan dan pengembangan suatu video game. Game engine memberikan kemudahan dalam menciptakan konsep sebuah game yang akan di buat. Mulai dari sistem rendering, physics, arsitektur suara scripting, A.I, dan bahkan sistem networking. Game engine dapat dikatakan sebagai jiwa dari seluruh aspek sebuah game.

Ada banyak mesin permainan yang dirancang untuk bekerja pada konsol permainan video dan sistem operasi desktop seperti Microsoft Windows, Linux, dan Mac OS X. fungsionalitas inti biasanya disediakan oleh mesin permainan mencakup mesin render ( “renderer”) untuk 2D atau 3D grafis, mesin fisika atau tabrakan (dan tanggapan tabrakan), suara, script, animasi, kecerdasan buatan, jaringan, streaming, manajemen memori, threading, dukungan lokalisasi, dan adegan grafik. Proses pengembangan permainan sering dihemat oleh sebagian besar menggunakan kembali mesin permainan yang sama untuk menciptakan permainan yang berbeda.

Sebuah game engine dibagi lagi menjadi dua bagian besar. Yaitu API dan SDK. API ( Applicaiton Programming Interfaces ) adalah bagian operating system, services dan libraries yang diperlukan untuk memanfaatkan beberapa feature yang diperlukan. Dalam hal ini contohnya DirectX. Sementara SDK adalah kumpulan dari libraries dan API yang sudah siap digunakan untuk memodifikasi program yang menggunakan operating system dan services yang sama.

Contoh-contoh Game Engine
1. Freeware game engine/open source game engine
  • Blender
  • Golden T Game Engine (GTGE)
  • DXFramework
  • Ogre
  • Aleph One
  • Axiom Engine
  • Allegro Library
  • Box2D
  • Build Engine
  • Cube
  • Cube 2
  • DarkPlaces
  • jMonkeyEngine (jME)
  • Panda3D
  • Sphere
  • Unreal Engine
2. Commercial engines/game engine berbayar (komersial)
  • Alamo
  • A.L.I.V.E
  • BigWorld
  • DXStudio
  • Dunia Engine
  • Euphoria
  • GameStudio
  • Jade Engine
  • Jedi
  • Medusa
  • RPG Maker VX
  • RPG Maker XP
  • RPG Maker 2003
  • RPG Maker 95
  • Vision Engine
Game Online atau yang biasa disebut dengan “Permainan Daring” ini adalah permainan yang memanfaatkan internet atau LAN (Local Area Network). Permainan ini sangat mudah didapat karena online game ini disediakan sebagai tambahan layanan dari perusahaan yang bersangkutan atau juga bisa didapat dengan mengakses system dari perusahaan yang memang menyediakan aplikasi tersebut.



Unsur Utama :
1. Client (komputer yg meminta file,sumber daya,atau layanan dari server)
2. Server (komputer yang menghubungkan data di client agar dapat digunakan oleh pengguna internet) 


Tipe :
# Simulation games
Ada beberapa jenis permainan simulasi, di antaranya life-simulation games, construction and management simulation games, dan vehicle simulation.


# Massively Multiplayer Online Browser Game
Permainan yang dimainkan pada peramban seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera, atau Internet Explorer.


# Massively multiplayer online games (MMOG)
Pemain bermain dalam dunia yang skalanya besar (>100 pemain), di mana setiap pemain dapat berinteraksi langsung seperti halnya dunia nyata.


# Massively Multiplayer Online Real-time strategy games'''(MMORTS)
Permainan jenis ini menekankan kepada kehebatan strategi pemainnya. Dalam RTS, tema permainan bisa berupa sejarah (misalnya seri Age of Empires), fantasi (misalnya Warcraft), dan fiksi ilmiah (misalnya Star Wars).


# Massively Multiplayer Online First-person shooter games'''(MMOFPS)
Permainan ini mengambil pandangan orang pertama sehingga seolah-olah pemain berada dalam permainan tersebut dalam sudut pandang tokoh karakter yang dimainkan, di mana setiap tokoh memiliki kemampuan yang berbeda dalam tingkat akurasi, refleks, dan lainnya. Contoh permainan jenis ini antara lain Counter Strike, Call of Duty, Point Blank, Quake, Blood, Unreal.


# Massively Multiplayer Online Role-playing games'''(MMORPG)
Sebuah permainan di mana pemainnya memainkan peran tokoh-tokoh khayalan dan berkolaborasi untuk merajut sebuah cerita bersama. Contoh dari genre permainan ini Ragnarok Online,The Lord of the Rings Online: Shadows of Angmar, Final Fantasy, DotA.




Game Offline

Game ini adalah jenis permaina yang dapat dimainkan tanpa harus terkoneksi ke internet, tentunya game ini lebih dulu ada sebelum adanya game online. Meskipun game online telah ada, bukan berarti peminat game offline meninggalkan game jenis ini. Karena tentu saja di setiap jenis permainan memiliki kekurangan dan kelebihannya masing – masing. Game offline ini biasanya memiliki alur cerita pada permainannya.


Contoh :
¨ Sailormoon
¨ PES 2013
¨ Avatar
¨ Call of Duty
¨ Resident Evil
¨ Battle Field
¨ Medal of Honor, dan masih banyak lagi..


on Jumat, 18 Januari 2013
fuuuh
nulis lagi di blog karena tugas lagi ya softskill lagi, lagi lagi lah pokoknya
sekarang tugas bulan januari tugasnya gampang sih cuma ngerangkum semua tugas yang udah dikerjain, tapi yang bikin repot itu males kerjainnya heheheh

yang pertama membahas tentang Simulasi
apa sih simulasi itu dan manfaatnya apa? cekidot sob


Simulasi adalah satu metode pelatihan yang memperagakan sesuatu dalam bentuk tiruan yang mirip dengan keadaan yang sesungguhnya atau penggambaran suatu sistem atau proses dengan peragaan memakai model statistic atau pemeran.

manfaat Simulasi :
  1. untuk mengurangi kesalahan
  2. untuk mengoptimasi sebuah sistem
  3. untuk menjaga kekurangan atau kelebihan sumber daya
simulasi dapat digunakan dalam berbagai bidang, untuk di bidang industri contohnya adalah simulasi pilot pesawat.

dalam simulasi ini pun pasti terdapat kegagalan, namanya juga simulasi ada trial and error. tidak sedikit alat simulasi yang gagal atau pun menyebabkan kecelakan. salah satu kecelakaan Simulasi di dunia industri yaitu ledakan reaktor nuklir chernobyl.

itu rangkuman tugas pertama

selanjutnya tugas kedua :

visual teknologi merupakan cara penyampaian bahan-bahan dengan menggunakan mesin-mesin mekanis atau elektronik untuk menyampaikan pesan-pesan visual.Salah satu contoh visual teknologi adalah media video.
Visual teknologi ini sering dipakai untuk bidang pendidikan, banyak perguruan tinggi ataupun sekolah-sekolah menggunakan visual teknologi agar orang yang sedang belajar dapat mengerti lebih cepat dari pada hanya mendengarkan tanpa melihat.

dari visual teknologi ini loncat ke desain grafik, pengaruh desain grafik dengan budaya. desain grafik ini di pengaruhi oleh budaya itu sendiri, karena pada zaman dahulu orang belum begitu mengenal desain grafik yang menggunakan komputer, orang hanya mengetahui desain manual.

dan terakhir tugas ketiga
fitur-fitur dari HTML5. 
- Elemen canvas (keperluan drawing)
- Elemen video dan audio (media playback)
- Dukungan lebih untuk pengimpanan offline
- Elemen yang lebih spesifik untuk content, contoh: article, footer, header, nav, sectionForm control, contoh: date, time, email, url, search, calendar

dan cara membedakan website yang menggunakan HTML4 atau HTML5. Intinya kalo orang awam susah banget buat ngebedain website yang memakai HTML4 atau HTML5. mungkin satu-satunya cara dengan melihat source codenya dari website tersebut dengan cara menekan ctrl+u.
on Minggu, 06 Januari 2013

Minggu, 6 Januari 2013
minggu pertama di bulan pertama di tahun 2013 sudah di awali hujan dari pagi tepatnya dari sabtu malam

bayangin bangun tidur tiba-tiba udah disambut dengan hujan niat buat olahraga pagi pupus jadi olahraga mata aja merem melek merem melek. bogor ditambah hujan pagi hari buat badan gamau lepas dari kasur dan selimut tapi gw paksain buat lepas yang akhirnya bisa duduk di depan pc buat online sekalian main dota.

masalah datang lagi, kalo udah depan pc itu udah males gerak juga, susah move on lah kalo kata remaja zaman sekarang. dari pagi sampe siang cuma buka twitter dan main dota padahal ada laporan yang harus di kerjain tapi ga ada selera sama sekali buat kerjain laporan, jangankan selera kerjain laporan selera mandi aja males pisan.

pada akhir gw bangkit dari kemalesan itu, gw dapet semangat dari sepiring nasi bersama ayam bakar dan laporan akhir gw kerjain meskipun baru selembar tapi gw seneng dan gw kembali bermalas-malasan.